SEMUA NASKAH PENTAS DI BLOG INI TELAH DIPROTEKSI DAN TIDAK DAPAT DISALIN SECARA LANGSUNG

Himbauan

Mementaskan naskah di blog ini harus seizin penulis.

Selasa, 29 Maret 2011

MONTSERRAT BAB III


Sejarah Simon Bolivar

Simon Bolivar (1783-1830)

Simon Bolivar adalah salah satu jenderal terbesar Amerika Selatan. kemenangan-Nya atas orang-orang Spanyol memenangkan kemerdekaan bagi Bolivia, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela. Ia disebut El Pembebas (Para Pembebas) dan "George Washington dari Amerika Selatan."

Bolivar lahir di 24 Juli 1783, di Caracas, Venezuela. Orang tuanya meninggal ketika ia masih anak-anak dan ia diwarisi keberuntungan. Sebagai seorang pemuda, ia melakukan perjalanan di Eropa.

Ketika ia kembali ke Venezuela, Bolivar bergabung dengan kelompok patriot yang disita Caracas tahun 1810 dan memproklamirkan kemerdekaan dari Spanyol. Ia pergi ke Inggris untuk mencari bantuan, tetapi bisa hanya janji netralitas Inggris. Ketika ia kembali ke Venezuela, dan mengambil komando tentara patriot, ia merebut kembali Caracas tahun 1813 dari Spanyol.

Spanyol memaksa mundur dari Bolivar Venezuela ke New Granada (sekarang Kolombia), juga berperang dengan Spanyol. Dia mengambil komando pasukan Kolombia dan ditangkap Bogota pada tahun 1814. Para patriot, bagaimanapun, tidak memiliki laki-laki dan perlengkapan, dan baru mengalahkan dipimpin Bolivar untuk melarikan diri ke Jamaika. Di Haiti dia mengumpulkan kekuatan yang mendarat di Venezuela tahun 1816, dan mengambil Angostra (sekarang Ciudad Bolivar). Dia juga menjadi diktator di sana.

Bolivar berbaris ke New Granada di tahun 1819. Ia mengalahkan orang-orang Spanyol di BOYAR tahun 1819, membebaskan wilayah Kolombia. Dia kemudian kembali ke Angostura dan memimpin kongres yang mengorganisir republik asli Kolombia (sekarang Ekuador, Kolombia, Panama, dan Venezuela). Bolivar menjadi presiden pertama pada tanggal 17 Desember 1819.

Bolivar hancur tentara Spanyol di Carabobo di Venezuela pada tanggal 24 Juni 1821. Selanjutnya, ia berjalan ke Educador dan menambahkan bahwa untuk wilayah republik Kolombia baru. Setelah pertemuan pada 1822 dengan yang lain pembebas besar, Bolivar menjadi diktator di Peru. Pasukannya memenangkan kemenangan atas orang-orang Spanyol di Auacucho pada tahun 1824, yang diperlukan kekuasaan Spanyol di Amerika Selatan. Upper Peru menjadi negara terpisah, bernama Bolivia untuk menghormati Bolivar, dalam 1825. Konstitusi, yang ia menarik Facebook Bolivia, adalah salah satu pernyataan paling penting nya politik.

- Harvey L. Johnson







                                                           B A B A K  III 
                                                               Adegan  I